top of page
  • Gambar penulisHari yadi

Apa itu bahan PVC ?

Diperbarui: 2 Sep 2021

Sahabat Aryta Pack apakah sudah mengenal apa itu bahan plastik PVC?

Bahan PVC merupakan singkatan dari polivinil klorida atau seringkali disebut vinyl. Ia telah dimanfaatkan secara luas sejak pertengahan abad ke-20 karena memiliki banyak sekali kelebihan. Bahkan, bahan PVC termasuk polimer termoplastik dengan jumlah pemakai terbanyak ketiga di dunia setelah bahan polietilena dan polipropilena.


Adapun, alasan penggunaan bahan PVC yang begitu luas adalah harganya yang sangat murah sehingga sangat diandalkan untuk memproduksi berbagai jenis produk. Terkait produksi, ia menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida. Dengan massa sebesar 57 persen yang merupakan klor, bahan PVC pun memakai bahan baku minyak bumi paling rendah ketimbang material lainnya.


Melewati serangkaian proses pembuatan, bahan PVC memiliki penampakan resin yang identik dengan tepung terigu. Sama halnya dengan tepung terigu, resin dari PVC tak bisa langsung digunakan, namun harus diolah dan dicampurkan dengan berbagai zat aditif lain sehingga menjadi aneka produk yang sering kita temukan setiap hari.


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page